Makanan Khas Solo yang Wajib Dicoba!

Mampir ke Solo rasanya kurang kalau tidak mencoba berbagai makanan khas yang mereka miliki. Ada beragam makanan khas solo yang mungkin sulit untuk ditemukan di kota lain, inilah alasannya kenapa para wisatawan wajib banget berkunjung ke Solo dan mencoba makanan khasnya.

Berikut ini kami akan merekomendasikan beberapa makanan khas Solo yang wajib untuk dicoba.

1.Selat Solo

Pertama yang kami rekomendasikan adalah selat solo, makanan yang memiliki bentuk mirip dengan steak. Ini adalah makanan yang dibuat dari daging semur, lalu disajikan bersama dengan beragam jenis sayuran. Biasanya sayuran yang digunakan adalah buncis, wortel, dan juga daun selada.

Tidak lupa, selat solo juga dilengkapi dengan kuah encer manis. Makanan ini bisa mengenyangkan dengan rasa yang memuaskan.

2. Sate Buntel

Kalau kamu sering mengunjungi solo, pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan satu ini. Sate buntel adalah makanan yang mudah untuk ditemukan di Solo. Sesuai dengan namanya, makanan ini merupakan daging giling yang dibuntel pada tusuk sate.

Lembaran yang membungkus daging memiliki fungsi untuk membuat sari dari daging bisa tetap terjaga dengan baik, sehingga tidak kering saat dibakar.

3. Cabuk Rambak

Yang ketiga ada makanan bernama cabuk rambak, yaitu makanan dengan komponen dasar ketupat yang disiram dengan saus wijen.

Biasanya cabuk rambak akan ditambahkan dengan karak atau dengan kerupuk nasi sebagai pelengkap. Alas penyajian cabuk rambak umumnya menggunakan pincuk. Ini adalah makanan yang cocok untuk disajikan sebagai makanan ringan atau sebagai makanan utama, sesuai dengan porsi yang dimakan.

4. Timlo Solo

Apakah kamu ingin mencari makanan khas Solo yang bisa menghangatkan? Jika iya, maka timlo solo ini bisa menjadi pilihan.

Timlo solo merupakan sup ayam bening yang sudah ditambahkan dengan sosis khas solo, telur pindang, hati, dan juga terdapat potongan ampela ayam.

Terdapat juga sambal kecap yang dapat ditambahkan pada semangkuk timlo buat menambahkan kesegaran.

5. Nasi Liwet Solo

Terakhir yang akan kami bahas adalah nasi liwet solo, makanan yang saat ini semakin populer dan mudah di temukan di restoran khas Jawa mana pun. Nasi liwet dimasak dengan menggunakan campuran santan yang gurih.

Makanan ini biasanya disajikan dengan menggunakan lauk opor ayam suwir, sambal goreng labu siam, dan areh santan. Areh sendiri merupakan bahan makanan yang terbuat dari endapan atau gumpalan dari santan yang merupakan salah satu makanan khas dari liwet Solo.

Banyak juga yang makan nasi liwet sambil di makan bersama-sama, menambah rasa kebersamaan.

Itulah beberapa makanan khas Solo yang wajib untuk kamu coba. Rasa yang ditawarkan dijamin tidak akan mengecewakan kamu.

You may also like