5 Makanan Terbaik yang Bisa Kamu Temukan di Mongolia

Ada banyak makanan Mongolia yang bisa kamu coba ketika berkunjung ke sana. Mungkin kamu jarang bisa menemukan makanan khas Mongolia di tempat-tempat lain, karena masyarakat Mongol cenderung menggunakan bahan makanan sederhana yang bisa mereka temukan di daerah mereka.

Tidak ada banyak tumbuh-tumbuhan di dalam makanan orang mongol, karena mereka kebanyakan lebih suka mengonsumsi daging. Hal ini karena masyarakat Mongol umumnya sering berpindah, membuat mereka tidak sempat jika harus menanam tumbuhan.

Berikut ini kami akan menunjukkan beberapa makanan khas masyarakat Mongolia yang bisa kamu coba.

1. Hearty Khuushur

Pertama yang akan kami bahas adalah Khuushur, makanan dari Mongolia yang lebih umum dijadikan makanan hidangan umum dan mungkin sebagian besar dipengaruhi oleh masakan Rusia. Ini adalah pastri atau dumpling yang tidak terlalu banyak sayuran di dalamnya, jadi khuushur tradisional hanya menggunakan daging.

Para masyarakat Mongolia biasanya meletakkan makanan ini diantara telapak mereka selagi masih panas untuk membantu menstimulai sirkulasi darah di tangan. Unik, ya?

2. Biskuit Keju Kering

Lebih dikenal sebagai qurut, ini merupakan makanan berupa yoghurt yang dikeringkan atau susu asam yang dikeringkan di matahari sampai garing. Ini bisa dibentuk dengan beragam bentuk, seperti bola, garis, atau pun kotak.

Ini merupakan makanan pencuci mulut masyarakat Mongolia dan memiliki banyak menu. Ini merupakan salah satu makanan dari Mongolia yang cocok dengan kebanyakan orang barat.

3. Calorific Orom

Dessert lain yang wajib kamu coba dari Mongolia adalah orom, atau cream yang bergumpal, kaya akan rasa, dan dibuat dari susu kambing, sampi, atau pun yak. Setiap susu memiliki rasa yang berbeda.

Sama seperi es krim atau yoghurt, kamu bisa menambahkan gula atau selai di Orom. Ini bisa menjadi dessert atau makanan sebelum sarapan.

4. Airag

Apakah kamu baru pertama mencoba makanan khas Mongolia? Airag mungkin bukan awal yang bagus. Karena ini merupakan salah satu makanan yang bisa membuat para wisatawan tidak ingin melanjutkan wisata kuliner di Mongolia.

Airag adalah susu fermentasi dari kuda betina yang sudah menjadi alkohol. Dulu, para perantau tidak akan absen mengonsumsi airag. Bahkan sampai saat ini para perantau masih ada yang mengonsumsi airag. Kalau kamu datang bersama dengan keluarga atau di rumah penduduk, menolak airag adalah hal yang tidak sopan. Jadi lebih baik mau meminumnya.

5. Buzz

Terakhir yang akan kami bahas adalah Buuz. Ini merupakan makanan nasional Mongolia yang biasa ditemukan di penjual pinggir jalan. Sayangnya, kamu tidak bisa menemukan ini di banyak restoran.

Buuz merupakan dumpling rebus yang diisi dengan daging kambing, bawang putih, bawang merah, dan jintan. Biasanya disajikan berkkuah atau pun tidak.

Itulah beberapa makanan khas Mongolia yang bisa kamu coba cicipi jika berkunjung ke Mongolia. 

You may also like