Ada Makanan Apa Saja di Palembang?

Makanan apa yang mengingatkan kamu dengan Palembang? Pasti kebanyakan dari kita akan menyebutkan pempek, bukan? Padahal di Pelembang ada banyak jenis makanan yang lezat dan sayang banget untuk dilewatkan.

Di bawah ini kami akan menunjukkan beberapa jenis makanan khas Palembang yang wajib untuk kamu coba jika berkunjung ke salah satu provinsi yang ada di pulau Sumatra ini.

1. Pempek

Perjalanan kamu ke Palembang tidak akan sempurna rasanya jika kamu belum pernah mencoba pempek atau empek=empek. Ini adalah makanan yang terbuat dari ikan, bawang putih, telur, dan maizena yang dicampur. Jenis ikan yang digunakan untuk pempek bervariasi, mulai dari ikan makarel, ikan gabus, sampai lele.

Adonan lalu dibentuk menjadi berbagai ukuran dan bentuk sebelum digoreng di minyak. Pempek disajikan dengan kuah yang disebut dengan cuko. Cuko ini dibuat dengan bahan dasar air matang, gula aren, udang kering, cabai rawit yang dihaluskan, bawang putih dan garam. Terkadang, ada irisan timun dan mie kuning yang disajikan bersama dengan pempek.

2. Tekwan

Mirip dengan pempek, makanan ini juga dibuat dari ikan yang disatukan dengan tepung tapioka dan dibentuk bola-bola kecil, juga direbus dengan kaldu. Makanan ini biasanya disajikan saat masih panas dengan bihun, irisan ubi dan jamur. Nama tekwan sendiri berasal dari frasa di dalam bahasa Palembang, yakni :Berkotek Samo Kawan” yang artinya adalah duduk dan mengobrol bersama dengan teman.

3. Pindang Patin

 Pindang patin adalah makanan lain khas Palembang yang juga terdapat ikan di dalam makananya. Ini adalah semangkuk patin yang dimasak dan disajikan dengan sup pedas saat masih panas. Ikan patin adalah ikan yang mirip dengan ikan lele, tapi bedanya ikan ini memiliki kolestrol lebih rendah dan daging yang lebih lembut.

4. Mi Celor

Jika kamu merasa bosan dengan sajian ikan, maka mungkin kamu tertarik untuk mencoba merasakan Mi Celor. Ini adalah mi yang disajikan dengan santan dan udang ebi. Biasanya juga disertakan dengan telur rebus, seledri cincang, daun bawang dan bawang goreng. Sajian ini disajikan degan porsi besar dan sangat cocok untuk dikonsumsi saat makan siang atau makan malam.

5. Malbi

Malbi adalah daging sapi yang direbus dengan kecap dan cabai. Makanan ini biasanya disajikan saat lebaran atau pernikahan di Palembang. Satu porsi malbi biasanya akan disajikan bersamaan dengan nasi minyak, sepiring nasi yang dimasak dengan minyak ghee dan rempah-rempah.

Nah, itulah beberapa makanan yang bisa kamu temukan di Palembang. Jangan lupa untuk merasakan nikmatnya makanan khas Palembang di atas jika kamu berkunjung. Jadi dari 5 rekomendasi makanan khas Palembang tersebut, adakah yang menjadi favorit kamu?

You may also like